Para Penjabat Bupati Disiapkan Golkar Berkontes pada Pilkada 2024

oleh
Ilustrasi Kandidat Golkar (foto : beritasatu.com)

KALSELMAJU.COM – BANJARMASIN – Selain kandidat Gubernur, DPD Partai Golkar Kalsel juga tengah mempersiapkan Bakal Calon Bupati maupun Kandidat Walikota untuk diusung pada Pemilihan Kepala Daerah 27 november 2024 mendatang.

Sekretaris DPD Partai Golkar Kalsel H. Supian HK, merinci sejumlah bakal kandidat yang akan dipersiapkan dan memenangi Pemilihan Bupati maupun Walikota tahun ini. Termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang kini menjadi Penjabat (Pj) akan di plot di daerahnya masing-masing.

“Kalau Aparatur Sipil Negara (ASN) yang kini menjadi Penjabat (Pj) juga masuk dalam bursa di Pilkada daerahnya masing-masing,” ujar H. Supian.

Penjabat Bupati yang masuk dalam bursa Pilkada Partai Golkar itu antaralain Pj. Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Zakly Asswan, Pj. Bupati Tanah Laut Syamsir Rahman, Pj. Bupati Barito Kuala Mujiyat, serta Pj. Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Hermansyah.

“Para Pj. Bupati itu sebagai opsi memudahkan keberlanjutan. Tapi, tak menutup kemungkinan kita akan membuka pintu dengan parpol lain,” terangnya.

Sementara untuk suksesi Pemilihan Walikota Banjarmasin disiapkan beberapa calon yakni ketua DPD Partai Golkar Banjarmasin Yuni Abdi Nur Sulaiman dan Arifin Noor.

Lalu, di Kabupaten Banjar ada nama H. Rusli, dan Sandi Fitrian Noor yang merupakan Putra Sulung Gubernur Kalsel.

Di Kabupaten Tabalong, lanjut Supian, nama isteri Ketua DPD Partai Golkar Hj. Eka Nor Efiani SE disiapkan bakal mengisi bursa pilbup mendatang.

“Ketua Golkar Tabalong, Mawardi tak bersedia menjadi calon Bupati dan isterinya dimajukan di bursa calon,” tandasnya.

Di Kabupaten Balangan, diusulkan tetap mengajukan nama Bupati Abdul Hadi sebagai calon. Pasalnya, dalam pembangunan selama ini dinilai positif.

“Walaupun suara partai kita cukup, tapi kami tetap melakukan koalisi dengan partai lain di Balangan,” tegasnya.

Selanjutnya di Hulu Sungai Tengah (HST) ada nama anak almarhum mantan Bupati Harun Nurasid, yakni Hj, Suryatin Hidayah dan adik Harun yang saat ini di Tenggarong, Kaltim. “Ada juga pengurus Golkar menjadi bursa calon Bupati HST,” ungkapnya.

Di Ibukota Provinsi Banjarbaru, yang diusung adalah Gusti Iskandar Sukma Alamsyah serta dua nama lainnya.

Sementara di Kabupaten Tapin, juga ada beberapa nama termasuk Ketua DPD Partai Golkar H. Yamani yang di gadang akan mengisi bursa Pilbup mendatang.

“Kalau Tapin kita serahkan saja ke Binuang, ada ketuanya Yamani, ibu Ariyati dan anak H Ciut,” tandasnya.

Untuk kader di Wilayah Pesisir Kalsel Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru, H. Supian membeberkan sudah ada tokoh yang dipersiapkan untuk mengisi kandidat kepala daerah.

“Kalau di Tanah Bumbu dan Kotabaru sudah ada kader-kadernya. Kita serahkan mereka yang menentukan siapa calonnya,” ungkapnya.

Persiapan ini sesuai instruksi dan merujuk SK DPP Partai Golkar tertanggal 18 Maret 2024, dalam amanatnya Ketua Umum DPP Airlangga Hartarto menginginkan kader-kader Partai Golkar yang berpotensi, bisa maju memenangkan Pilkada 2024 nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *