Paman Birin Pimpin Apel HUT Proklamasi Kemerdekaan 17 Mei 1949

oleh
Paman Birin saat Apel HUT Proklamasi kemerdekaan Kalimantan di Monumen Proklamasi 17 Mei 1949 Kab, Hulu Sungai Selatan (HSS). (Foto: Ist)

KALSELMAJU.COM, KANDANGAN – Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor atau Paman Birin, memimpin Apel Peringatan HUT – 75 Proklamasi Kemerdekaan Gubernur Tentara Divisi IV Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) Pertahanan Kalimantan Tahun 2024, Jumat (17/5).

Upacara terpusat di Monumen Proklamasi 17 Mei 1949, Batu Bini, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Bersama Paman Birin juga hadir ketua DPRD Kalsel serta Penjabat (Pj) Bupati Hermansyah, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah setingkat Provinsi dan Kabupaten.

Dalam Amanatnya, Paman Birin mengobarkan semangat generasi muda, agar mewarisi semangat para pahlawan.

“Merdeka! Melalui momentum bersejarah ini, rasa syukur selalu kita panjatkan ke hadirat Allah SWT. Khususnya di Banua kita, yang mana persatuan NKRI telah ditegaskan oleh Gubernur Tentara ALRI Divisi VI Kalimantan, Brigjen (TNI) Hasan Basry, di Kandangan,” pungkasnya.

“Kepada anak-anak muda sekarang harus mewarisi semangat mereka (para pejuang, red) dalam menjalani aktivitas, Lantaran berkat mereka, kita dapat menikmati kehidupan layak dan bebas dari penjajah,” tambah Paman Birin.

Lebih lanjut, Paman Birin berharap semangat perjuangan ini bisa jadi teladan kawula muda dalam berkompetisi menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Kalsel sebagai pintu Gerbangnya.

“Mari kita menghayati semangat juang, karakter tangguh, gigih, disiplin dan pantang menyerah para pejuang,” tutupnya.

Pada rangkaian peringatan, Paman Birin bersama peserta apel menyempatkan ziarah sekaligus tabur bunga bagi para Pahlawan.

Tak lupa Sahbirin memberikan santunan dan tali asih bagi Veteran dan keluarga pejuang serta juru kunci makam pahlawan. kegiatan bakti sosial berupa sunatan massal juga tak luput dari rangkaian acara HUT Kemerdekaan Kalimantan Selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *