Mulai Dirancang, Koneksi Baru Akses Banjarbaru – Batulicin – Balangan, hingga IKN

oleh
oleh

KALSELMAJU.COM, PARINGIN – Pemkab Balangan telah menyerahkan aset jalan kepada Pemprov Kalsel. Dengan tambahan aset jalan tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) merancang konektivitas dari Banjarbaru, Batulicin, Balangsn, hingga Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur.
Hal tersebut telah dibenarkan Kepala Dinas PUPR Kalsel, A. Solhan. Ia menyebut tahun depan dibuat perencanaan. “Mudah-mudahan perencanaan bisa singkat dan bisa dilaksanakan, seperti ruas Juai – Halung sudah kita anggarkan untuk akses ke IKN,” jelas Kepala Dinas PUPR Kalsel, Ahmad Solhan.
Solhan menuturkan, rencananya akses jalan akan dibuat menghubungkan Banjarbaru – Batulicin – Balangan yang sifatnya konektivitas agar dapat memangkas jalan dan mempersingkat waktu jarak tempuh.
“Kami akan turun ke lapangan mensurvei akses jalan tersebut yang di serahkan tadi,” ucapnya.
Ia menambahkan, target konektivitas utamanya menyambung dan membuka jalur ke ruas jalan Banjarbaru – Batulicin untuk menunjang ke IKN.
“Kalau yang Banjarbaru – Batulicin pada 2024 harus sudah selesai, target kita tinggal jalan kabupaten yang perlu kita dorong untuk dapat menghubungkan ke jalan Banjarbaru – Batulicin,” pungkasnya.
Sebelumnya, barang milik daerah atau aset yang dihibahkan pemkab Balangan berupa jalan di 3 desa, tanah untuk pembangunan kantor UPPD Samsat, bangunan SLB, serta sejumlah kendaraan roda dua.
Serah terima tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Balangan, Abdul Hadi dan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, Rabu (8/11).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *