Menyasar Sekolah di Kalsel, Pemprov Canangkan Program Germas Cinta Banua 2024

oleh
Gubernur Kalsel bersama Siswa SMA Negeri 2 Banjarbaru saat peresmian Germas Cinta Banua (Foto:Andra)

KALSELMAJU.COM, BANJARBARU – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor bersama istri Hj. Raudatul Jannah meresmikan Gerakan Remaja Sehat, Ceria, Inovatif, Tangguh dan Aktif Bangun Negeri Bersama (Germas Cinta Banua) Tahun 2024 di SMAN 2 Banjarbaru pada Senin (25/5) pagi.

Dalam program Germas Cinta Banua ini, pemerintah melakukan Medical Chek Up (MCU) bagi 144 siswa untuk mengetahui kesehatan pelajar atau remaja.

Giat ini juga sebagai upaya mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia khususnya Kalimantan Selatan menyongsong Indonesia Emas 2045.

“Saya yakin remaja-remaja ini lah yang akan membawa kita nantinya ke masa depan, ini bibit yang harus kita rawat dan pemerintah provinsi Kalimantan Selatan berkomitmen untuk itu,” ujar Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel, Senin (27/5/2024).

Pencanangan program Germas Cinta Banua ini akan menyasar semua sekolah di Kalimantan Selatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kalsel Hj. Raudatul Jannah atau Acil Odah mengatakan, pemerintah akan meningkatkan fasilitasi layanan kesehatan siswa dan remaja pada program ini.

“Kita mulai dari sekolah-sekolah dahulu membina pelajar supaya terbangun komitmen bersama untuk hidup yang lebih baik lagi,” ucapnya.

Strategi lain adalah dengan Menggandeng Forum Gerakan Masyarakat Sehat (FGMS) sebagai upaya mendorong program kesehatan ini sebagai bentuk preventif (pencegahan) secara dini.

“Lewat pemberdayaan di sekolah, maka pelajar akan siap menghadapi tantangan di masyarakat. Tujuannya juga mengintervensi ke wilayah masyarakat agar hidup bersih dan sehat,” ungkap Acil Odah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *