Maknai Hari Kartini Dengan Menanam Pohon, Acil Odah: Pentingnya Peran Perempuan di Segala Sektor

oleh
Gubernur Kalsel Sahbirin Noor Dan Ketua TP PKK Kalsel Hj. Raudatul Jannah Menanam Pohon pada Hari Kartini 2024 (Foto : Andra)

KALSELMAJU.COM, BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalsel menggelar Peringatan Hari Kartini 2024, dengan mengusung tema ‘Bakti Perempuan Untuk Hijaukan Banua’.

Kegiatan dirangkai dengan penanaman pohon di Taman Hujan Tropis Indonesia (TH2TI) perkantoran Pemprov Kalsel, Banjarbaru, Senin (22/4/2024).

Sedikitnya ada 3.500 pohon jenis Eucalyptus yang di tanam sebagai upaya penghijauan lahan di Kawasan Pusat Pemerintahan.

“Dengan slogan Perkokoh Banua Maju dengan kekuatan rakyat salah sautnya kekuatan perempuan-perempuan hebat yang Hari ini jadi,” ujar Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin.

Paman Birin menyebut perempuan adalah benteng Indonesia karena kualitas suatu bangsa sangat bergantung pada perempuan.

Ketua Tim Penggerak PKK Prov Kalsel Hj. Raudhatul Jannah atau Acil Odah mengatakan penamaan pohon tidak hanya simbolik belaka, melainkan upaya menggalakan kesadaran kaum ibu untuk hadir dalam semua sektor pembangunan.

“Pentingnya peran perempuan dalam segala sektor dan kesadaran dalam menjaga sumber kehidupan adalah kunci kelangsungan hidup,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Kalsel Fathimatuzzahra menyampaikan eksistensi perempuan sangat diperlukan guna mendukung program Pemerintah baik dari sisi sosial ekonomi dan lingkungan.

“Gerakan Revolusi Hijau yang sudah menjadi pilot project program pelestarian lingkungan secara nasional serta sebagai bakti perempuan untuk ikut menghijaukan banua,” unggahnya.

Pergelaran perempuan menanam bersama Acil Odah dalam rangka Hari Kartini diikuti ratusan peserta lintas Organisasi Perempuan, Mahasiswi ULM, Acil Jukung, Acil Sadap, Acil Kembang,  Rektor ULM, PPKH,PBPH, PBPHH, Pejabat Kayu Tangi/BPTH, UPT Kementerian LHK, dan Kepala SKPD lingkup Pemprov Kalsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *