Inovasi Jemput Antar, Samsat Banjarbaru : Efektif Untuk Sadarkan Pihak Wajib Pajak

oleh
oleh

KALSELMAJU.COM, BANJARBARU – Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Sistem Administrasi Satu Pintu (UPPD Samsat) Banjarbaru mengefektifkan inovasi bernama Samsat Jemput Antar, dan berhasil menyadarkan wajib pajak untuk menyetorkan pajak kendaraan bermotornya.

Kepala UPPD Samsat Banjarbaru Pengayom Bayu Ajie melalui Kasi Pelayanan PKB & BBNKB UPPD Deity Lestari Saptini, mengatakan efek dari samsat jemput antar banyak yang datang langsung ke Kantor Induk, Mal Pelayanan Publik (MPP) dan Samsat Keliling (Samkil).

“Penerimaan Samsat jemput antar pada bulan Januari 2024 sekitar lima juta rupiah dan lalu di Februari sebanyak Rp19 juta,” rincinya, di kantor. Selasa (5/3/2024) siang.

Penerimaan Samsat Jemput Antar ini didominasi dari penerimaan pajak kendaraan motor.

Sementara itu, Deity Lestari mengungkapkan pihaknya tak pandang bulu untuk mengingatkan ke seluruh wajib pajak, bahkan ke tempat sarana dan prasarana milik pemerintah.

“Contoh seperti DLH hari ini sedang membayarkan pajak tosanya yang biasa kita lihat untuk mengangkut sampah itu, dan kami tidak pandang bulu,” tukasnya.

Adapun teknisnya, Samsat Banjarbaru akan mengirimkan laporan kepada wajib pajak via whatsapp, dua minggu sebelum tanggal jatuh tempo pajak. Lalu diberikan pilihan agar langsung datang ke kantor samsat atau memanfaatkan layanan Samsat Jemput Antar.

Derty mengaku, untuk kendala Samsat Jemput antar ini kebanyakan alamat dari wajib pajak sudah tidak valid atau sudah pindah domisili.

“Selain tidak ada ditempat, ada juga masyarakat dari kota lain seperti Martapura dan Banjarmasin mereka menghubungi kita untuk pembayar pajak padahal lain wilayah kami,” tutupnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *