HMI Soroti Kesejahteraan Buruh dan Pekerja di Banjarmasin

oleh
Mayday 2024, Massa HMI Banjarmasin Berunjuk Rasa di perempatan Jl. Gatot Subroto 1/5/2024 (Foto : Ist)

BANJARMASIN – Puluhan mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Banjarmasin, menggelar aksi May Day di kawasan Fly Over Jalan Gatot Subroto, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (1/5/2024).

“Tepat pada momentum May Day ini kami ingin meminta agar para buruh di Banjarmasin dapat menerima hak-haknya,” kata Ketua HMI Cabang Banjarmasin, Muhammad Arief Rahim.

HMI mencatat ada sejumlah kasus ketenagakerjaan di Kalsel yang patut menjadi sorotan.

Terbaru pada Hari Raya Idul Fitri 2024, ada sejumlah buruh melaporkan ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalsel lantaran tak mendapat THR (tunjangan hari raya).

“Ini salah satu bukti bahwa hak buruh masih belum terpenuhi. Bahkan ada yang menerima upah tidak sesuai dengan undang-undang,” ujarnya.

Arief Rahim juga menyoroti soal pekerja di tempat hiburan malam (THM). Pihaknya mengingatkan agar pengusaha THM benar-benar memperhatikan karyawannya.

“Kami berharap buruh yang bekerja di THM menerima haknya dari sumber yang jelas. Jangan sampai terpengaruh adanya tindakan yang melanggar Perda, bahkan dapat dikategorikan haram,” tuturnya.

Bukan hanya HMI, dalam unjuk rasa ini turut hadiri massa yang tergabung dalam Aksi Kamisan.

Massa turut membentangkan spanduk bertuliskan “May Day Bangsa yang Besar adalah Bangsa yang Menghargai Buruh” dari atas jembatan fly over.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *