H+3 Lebaran, Ratusan Peziarah Padati Makam Datu Kelampayan

oleh
oleh
Pintu gerbang Makam/ kubah Datu Kelampayan

KALSELMAJU.COM, MARTAPURA – H+3 Lebaran, Makam Datu Kelampayan atau Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari dipadati Peziarah dari berbagai daerah.

Dari pantauan Kalselmaju.com, kantong-kantong parkir di sekitar kubah Datu Kelampayan nampak penuh terisi.

Juru parkir Rusli menjelaskan sudah dua hari ini makam datu Kelampayan ramai oleh peziarah dan kebanyakan berasal dari Kalimantan Timur.

“Mobil dan bus dari Kaltim banyak hari ini. Saya memperkirakan ratusan penziarah yang datang hari ini,” ungkapnya, Sabtu (13/4/2024) siang.

Kalau Jumat (12/4) kemarin, kata Rusli. Sejak siang jalur menuju makam sudah padat merayap, sehingga terjadi kemacetan. Sehingga pengelola makam mengatur peziar agar bergantian memasuki kawasan kubah.

Imam, penziarah asal Kaltim mengatakan ziarah ke datu Kelampayan lantaran ada hajat dan doa, sekaligus kembali ke Banjarmasin.

“Kami 6 orang pakai bus mini dari Balikpapan mau ke Kalayan mudik, tapi kami singgah ke datu Kelampayan dahulu sekalian menuluskam niat mertua,” ujar imam.

Sekadar diketahui, pada 6 syawal 1445 Hijriah atau 15 April 2024 nanti, akan digelar haul Syekh Muhammad Arsyad Albanjary ke – 218, kegiatan akan terpusat di Masjid Tuhfaturragibin Dalam Pagar Kecamatan Martapura Timur, berjarak lima kilometer dari Makam Datu Kelampayan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *