Ceramah di Kantor BPAM Banjarbakula, Guru Sufian : Jangan Pemarah dan Sombong

oleh
oleh
Guru Sufian Al Banjary saat menyampaikan ceramah di hadapan jemaah

KALSELMAJU.COM, BANJARBARU – Tuan Guru H. Ahmad Sufian Al-Banjary mengisi ceramah dan tausyiah pada kegiatan Halal Bihalal dan Haul ke 218 Datu Kalampayan di Kantor Badan Pengelola Air Minum (BPAM) Banjarbakula, Rabu (24/4/2024).

Menggunakan peci berwarna putih, ia menyampaikan dakwah yang berisi 3 perkara jika manusia ingin menghapus dosa. “Pertama, jadi orang jangan pemarah. Kedua, miskin tidak sombong dan terakhir, kaya tidak pelit. Itulah ciri-ciri manusia terhindari dari dosa yang dibenci Allah,” papar Guru Sufian.

Guru Sufian mengatakan, salah satunya penghapus dosa adalah menyambung silahturahmi. Melalui kegiatan ini, menurutnya mampu menghapus dosa dan menghindari sifat yang tercela. “Jangan ada penyakit batin. Sedikit-sedikit cepat marah, lalu bertingkah sombong atau pelit dengan sesama. Itu tanda-tanda orang tidak beriman dan penuh dosa,” tegasnya.

Guru agama Pondok Pesantren Al Mursyidul Amin itu mengambil contoh. Guru Sufian bercerita, sepulang dari umroh banyak sekali tetangga berdatangan, namun ada saja yang bersifat buruk dalam menilai seseorang.

“Orang membagikan hadiah dinilai sombong, dinilai riya dan sebagai. Hati yang dengki saat melihat orang maju dan sukses,” ungkap penceramah kondang asal Alabio itu.

Sepanjang ceramah, Guru Sufian banyak mengambil contoh sebagai bahan dakwahnya. Tidak terlepas bahan lelucon diselipkan dalam isi dakwahnya tersebut. Gelak tawa dan senyum terpancar di wajah Kepala Dishut Provinsi Kalsel, Fathimatuzzahra, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, Sulkan, Direktur Utama PT Air Minum Intan Banjar Syaiful Anwar dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *