BPBD Kalsel Buka Ruang Diskusi dan Edukasi Kebencanaan, Suria: Ini Intruksi Paman Birin

oleh
BICARA - Kepala BPBD Kalsel, Raden Suria Fadliansyah dan Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bambang Dedi Mulyadi (FOTO: Syahril kepada Kalselmaju.com)

KALSELMAJU.COM, BANJARBARU – Bergerak menanggulangi bencana secara cepat dan tepat menjadi salah satu keinginan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin.

Atas dasar itulah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel membuat Inovasi kreatif, yakni ruang Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) dan Taman Edukasi Bencana.

Kepala BPBD Kalsel, Raden Suria Fadliansyah menyebutkan inovasi KIE dikemas dalam bentuk ‘podcast’ yang isinya diskusi kepada masyarakat sehingga dapat memberikan informasi kebencanaan di Wilayah Kalimantan Selatan.

“Pendapat dan masukan masyarakat di KIE itu sebagai rekam jejak digital kita, serta terdapat edukasi kebencanaan kepada masyarakat luas,” ungkapnya, Rabu (20/3/2024) siang.

Selain itu juga di buat inovasi berupa Taman Edukasi Bencana (TEB) yang dirancang sebagai ruang publik (Public Sphere). Lokasinya di halaman BPBD Kalsel.

“Esensi TEB ini adalah edukasi mitigasi bencana adalah gerakan penyadaran, pemahaman, dan peningkatan partisipasi publik,” kata Suria.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bambang Dedi Mulyadi menambahkan TEB diisi oleh anak-anak sampai remaja. Tujuannya meningkatkan pengetahuan penanggulangan bencana.

“Fasilitasnya seperti ruang diskusi terbuka yang didesain ala cafe, peralatan penanggulangan bencana, dan area bermain anak,” terangnya.

Adapun pelaksanaan kedua inovasi tersebut, BPBD Kalsel berencana akan melaunching beberapa pekan ke depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *