Banyak Dikeluhkan, PUPR Segera Bangun Gedung Kantor Pelayanan BPKB untuk Warga Banua 6 dan Pesisir

oleh
Gedung Pelayanan BPKB Prototipe Ditlantas Polda Kalsel yang berada di Jalan A Yani Km 21 Liang Anggang Banjarbaru. Tahun depan gedung sejenis akan dibangun di dua tempat berbeda di Kalsel. | Foto: Bidhumaspoldakalsel.com

KALSELMAJU.COM, BANJARBARU, Pengurusan balik nama kendaraan bermotor selama ini banyak dikeluhkan masyarakat. Meski prosesnya tidak sulit, tapi harus mengurus ke Polda Kalsel (sekarang di Jalan A. Yani Km 21 Gedung Pelayanan Satpas Ditlantas Polda Kalsel di Banjarbaru).

Masyarakat di Kotabaru, Tanahbumbu, Tabalong, Hulusungai Utara, dan daerah lainnya yang jauh dari Banjarbaru mengeluh jarak yang jauh dan memerlukan biaya lebih.

Menjawab keluhan masyarakat tersebut, Pemprov Kalsel, berkomitmen mendekatkan pelayanan. Oleh karena itu, dua gedung pelayanan buku pemilik kendaraan bermotor (BPKB) sekaligus dibangun pada tahun ini.

Gedung yang dibangun berlokasi di Hulusungai Tengah (HST) dan Tanahbumbu. “Tahun ini sudah masuk perencanaan akan dibangun gedung kantor pelayanan BPKB. Kerjasama Polda Kalsel dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kalsel di Tanahbumbu dan HST,” jelas Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel, Yulianti Erliyanah.

Dihubungi terpisah, Kepala Bapenda Kalsel, Subhan Nor Yaumil, menambahkan pembangunan gedung BPKB tersebut untuk mendekatkan pelayanan. “Pada gedung tersebut bisa digunakan untuk mengurus mutasi balik nama. Pemilik kendaraan di Tabalong HSU, HST, dan HSS bisa mengurus di Barabai, HST. Gedung di Batulicin mengakomodir pemilik kendaraan di Kotabaru dan Tanahbumbu, karena junkah kendaraan di dua daerah terakhir sangat banyak,” beber Subhan, Selasa (8/1/2024).

Dengan kehadiran kantor layanan tersebut, lanjut Subhan, maka mutasi balik nama tidak perlu ke Polda Kalsel bagi pemilik kendaraan di Banua 6 dan daerah pesisir. Menurut Subhan hadirnya kantor layanan BPKB kerjasama pihaknya dengan Polda Kalsel. Sebelumnya sudah ditandatangani MoU antara Kapolda Kalsel dengan Gubernur Kalsel. MoU tersebut komitmen bersama dalam meningkatkan layanan masyatakat.

“Operasioal nanti sama-sama. Kita siapkan sarana prasarana dan Polda dalam hal ini Ditlantas menyiapkan sistem informasinya.

Mudah-mudahan 2024 sudah selesai selanjutnya tinggal dari pihak polda mengoperasikan. Harapan kami bangunan selesai sarana prasarana disis lalu akhir 2024 soft opening tahun 2025 grand opening,” ucapnya.

Menurut Subhan dengan pelayanan semakin mudah maka bisa memperbaiki data kendaraan bermotor di Kalsel. Ujungnya, menambah kesadaran masyarakat tepat waktu bayar pajak kendaraan bermotor.

“Data kendaraan kita perbaiki. Pelayanan mudah, murah, cepat diharapkan maka diharapkan kesadaran meningkat dan penerimaan pajak juga semaki baik,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *