3.749 Calon Jemaah Kalsel Sudah Lunasi Biaya Ibadah Haji Tahap Pertama

oleh
Kepala Kanwil Kemenag Kalsel Dr. H. Muhammad Tambrin

KALSELMAJU.COM, BANJARBARU – Kementerian Agama Kalimantan Selatan (Kalsel) melaporkan sebanyak 3.749 peserta calon haji reguler telah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) 1445 Hijriah/2024 Masehi hingga masa pelunasan tahap pertama ditutup.

Kepala Kanwil Kemenag Kalimantan Selatan, Muhammad Tambrin di Banjarmasin, mengatakan Hingga saat ini (tahap pertama), sudah ada 92 persen jemaah haji Kalimantan Selatan 2024 yang melunasi biaya haji.

“Alhamdulillah, sampai dengan hari ini, sebanyak 3.749 jemaah haji Kalsel yang telah melunasi Bipih,” jelas Kepala Kanwil Kemenag Kalimantan Selatan, Muhammad Tambrin di Banjarmasin, beberapa waktu lalu

Berdasarkan keputusan Dirjen PHU nomor 137 tahun 2024 tahap ke dua pelunasan Bipih akan kembali dibuka pada tanggal 13 Maret hingga 26 Maret 2024 mendatang.

Meski tahap pertama sudah ditutup, namun masih ada masa pelunasan di tahap kedua nanti.

“Kami mengharapkan sisanya yang 8 persen dapat melakukan pelunasan di tahap dua nanti, sehingga kuota jemaah haji Kalsel dapat terpenuhi dengan maksimal,” papar Tambrin.

Jajaran di bidang dan seksi PHU Kemenag Kalsel diminta untuk kembali menyosialisasikan dan mengawal tahap pelunasan ditahap kedua nanti.

pelunasan tahap kedua akan diperuntukkan bagi empat kategori; pertama, jemaah yang belum melakukan pelunasan biaya haji pada tahap I karena mengalami gagal sistem.

Kedua, pendamping jemaah haji lanjut usia. Ketiga, jemaah haji penggabungan suami-istri dan anak kandung atau rang tua yang terpisah.

“Terakhir, pendamping jemaah haji penyandang disabilitas,” ujarnya.

Diketahui, total kuota jemaah haji Kalsel Tahun 1445 H/ 2024 M sebanyak 3.818, ditambah 253. Jadi totalnya 4.071 jemaah haji.

Sedangkan untuk biaya perjalanan ibadah haji atau Bipih untuk Embarkasi Banjarmasin sebesar Rp56,471,105. Adapun pelunasan Bipih untuk Embarkasi Banjarmasin setelah dikurangi setoran awal sebesar Rp25 juta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *